Belajar
adalah proses seseorang dari tidak tahu menjadi tahu. Pengajaran adalah proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan
dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar. Sedangkan
pembelajaran adalah proses interaksi
pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan
pembelajaran.
Intelegensi terbagi atas 3, yaitu:
1. Kemampuan
abstraksi, yaitu bagaimana memecahkan masalah melalui simbol-simbol.
2. Kemampuan
mekanik, yaitu dapat menyelesaikan masalah dengan aktivitas sensori - motor
atau menggunakan alat-alat mekanis.
3. Kemampuan
sosial, yaitu menghadapi orang lain di sekitar dengan cara efektif.
B.F.
Skinner (Pendekatan Behavioural)
Operant Conditioning : Konsekuensi perilaku akan
menyebabkan perubahan probabilitas perilaku itu akan terjadi.
Konsekuensi (Reinforcement – Punishment) bersifat
sementara pada perilaku organisme.
Penguasaan
materi pelajaran
Strategi Pengajaran Pemahaman
kontruktivisme
v Anak
secara aktif membangun dan menyusun pengetahuan dan pemahamannya
v Penetapan
tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
v Keahlian
manajemen kelas
v Keahlian
motivasional
v Keahlian
komunikasi
v Keahlian
teknologi
v Bekerja
sama secara efektif dengan murid yang berlatar belakang kultural
Komitmen dan Motivasi
-
Membawa sikap positif dan semangat dalam
kelas
-
Membuat kelas menjadi nyaman
Riset dalam Psikologi Pendidikan
“Mengapa
riset itu penting?” Karena ada penilaian yang lebih obyektif.
Pendekatan
riset ilmiah berfungsi untuk mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan
pada keyakinan, opini, dan perasaan personal.
Riset
ilmiah didasarkan pada metode ilmiah
ü Merumuskan
masalah
ü Mengumpulkan
data
ü Menarik
kesimpulan
ü Merevisi
kesimpulan dan teori riset
Metode Riset
1. Riset
Deskriptif bertujuan untuk mengamati dan mencatat perilaku
-
Observasi alamiah dan partisipan
-
Wawancara dan kuesioner
-
Tes Standar
-
Studi kasus
-
Studi etnografik
2. Riset
Korelasional, misalnya hubungan prestasi belajar dengan lingkungan
3. Riset
Eksperimental, contohnya metode belajar A terhadap efektivitas siswa
Rentang
waktu riset
-
Cross Sectional
-
Longitudinal
Tantangan
riset
-
Etika
-
Gender
-
Etnis dan Kultur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar